Merawat Sepatu Slip On Kulit

Slip on memang disukai baik pria maupun wanita. Sepatu ini dianggap pilihan tepat untuk aktifitas sehari-hari karena praktis untuk dipakai. Sepatu slip on juga hadir dalam berbagai bahan yang berbeda. Ada sepatu slip on kulit suede, Nubuck, dan juga kulit asli. Bahkan kini sudah hadir sepatu slip on yang terbuat dari material kanvas, denim, sampai rajutan. Slip on memang memberikan kenyamanan pada pemakainya karena desainnya yang simple.

Tips merawat sepatu slip on kulit
Memiliki sepatu slip on berbahan dasar kulit tentunya membutuhkan perawatan yang berbeda dengan sepatu berbahan lainnya. Slip on berbahan kulit juga bermacam-macam, ada yang disebut dengan bahan suede, nubuck, dan kulit asli. Ketiganya merupakan pilihan jika ingin slip on yang awet dipakai dan bisa untuk digunakan dalam acara casual maupun semi-formal. Berikut adalah tips perawatan slip on kulit:
- Slip on suede
Suede merupakan bahan kulit namun dalam pengolahannya menjadi bahan untuk sepatu berbeda dari biasanya. Suede sekilas mirip seperti beludru. Inilah yang membuat orang suka dengan teksturnya yang unik namun juga kesulitan untuk merawatnya. Slip on berbahan suede yang terkena noda sebaiknya tidak dicuci dengan air begitu saja melainkan menggunakan sikat khusus suede dan bisa dibantu dengan sedikit air serta cuka. Salah dalam merawat slip on suede bisa membuat warnanya berubah.

- Slip on nubuck
Nubuck juga terbuat dari bahan dasar kulit sama seperti suede. Namun nubuck memiliki tekstur yang lebih halus. Tampilan warnanya pun lebih solid sehingga memunculkan kesan yang sedikit mengkilat. Sebaiknya gunakan slip on nubuck pada acara-acara tertentu saja untuk menghindari terkena noda dan terhindar dari air. Gunakan sikat dan penyemprot khusus sama seperti untuk perawatan sepatu berbahan suede.

- Slip on kulit asli
Sepatu slip on kulit asli adalah yang paling awet. Ada dua macam yaitu genuine leather yang berasal dari kulit hewan dan faux leather yang merupakan kulit sintetis. Simpanlah sepatu berbahan kulit ditempat yang tidak lembab. Membersihkan noda pada sepatu kulit cukup dengan menggunakan kain lembut dan sedikit air. Jika nodanya sulit dihilangkan maka bisa dibantu dengan shampo khusus untuk membersihkan bahan kulit.


Sepatu berbahan dasar kulit memang memerlukan perawatan yang lebih dibanding bahan biasa. Slip on berbahan kulit biasanya dipilih untuk dikenakan dalam acara semi-formal. Desain yang trendy dan bahan kulit yang terasa classy menjadikan sepatu slip on kulit cocok untuk dikenakan dengan berbagai model fashion. Slip on bisa menonjolkan sisi fashionable seseorang tanpa membuatnya terlihat berlebihan. Inilah mengapa slip on disukai berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa sekalipun. 

0 komentar

Post a Comment